Jumat, 14 November 2014

GANTI GIR BELAKANG BYSON??? PERLU DIPIKIRKAN DULU BROO

Assalamualikum Brother,, kali ini ane mau berbagi pengalaman ane coba-coba ganti gear set Yamaha BYSON ane. Berawal dari iseng-iseng baca artikel di internet sesama penunggang KEBO Besi ini, disitu dituliskan

"14-44
Gear belakang diganti sama punya si scorpio, PnP kok, 6 titik bautan, plek plek plek deh. Rasio gear jadi 44/14 = 3.14, rasanya? akselerasi manteb, kata orang sunda mah “ngajol”.. (loncat2).. padahal motor dikasih box (10kg) + mahluk halus + gw = 10 + 70 + 50 = 130 kg, motor kerasa enteng seperti ngga bawa boncengan + box dengan rasio gear standard. Tapi… napas kerasa pendek banget.. baru ngegas stengah dah pol, kudu oper gigi terus.. jadi malah capek kalo motor pas buat sendirian.."

Oke lah ane coba beli sprocket atau gir belakang scorpio, asli tinggal pasang,  tapi kok ane ngerasa malah ada yang gak beres nih bro, rantenya kekencengan walaaaahhh gawat ini sampe swing arm pun habis tak tersisa, ketarik ke depan.

As Roda Ketarik ke depan



Rantai yang terlalu kencang
                                        


Akhirnya ane tetep coba pakai selama kurang lebih dua minggu, pertama kali dicoba rem belakang ngebagel bro, dan enggak pakem pula, daaan setelah dua minggu akhirnya muncul permasalahan baru, bearing nap gear bermasalah alias speleng :(

Fix ane coba ganti dengan gear standar bawaan si kebo lagi, akhirnya ane konsul ke mekanik bengkel resmi Yamaha tentang masalah ini, karena ane tetap ngotot pengen ganti gir belakang yang lebih besar dari standarnya dan dengan santainya dia bilang "pakai Gir Set R15 aja bang" sontak ane pun kaget, lalu ane tanya balik "emang bisa yah" dia cuma bilang "saya belum pernah coba tapi kalau mau ayo kita coba, cuma kalau tidak salah rantainya lebih panjang kalau punya R15" waduuuhhhh ane langsung galau dengernya hahahaha

Oke dengan keyakinan hati ane pesen satu gir set Yamaha R15 berikut gir depan, rantai, sprocket dan main axle nya dengan harga kurang dari 600 ribuan dan inden 3 minggu.

Setelah tiga minggu pesenan pun datang langsung saya berangkat ke bengkel resmi Yamaha buat tebus gir set yang saya sudah pesen sekaligus pasang di sana biar gak ribet ^^.

Setelah dipasang saya kaget ternyata rantenya lebih kecil dibanding dengan punya si kebo, mirip dengan rante nya NVL. Setelah beres dipasang dia cuma bilang "mau coba mas?? coba dulu aja di geber geber se kencang-kencangnya biar ketauan kendalanya dimana" oke ane langsung coba geber si kebo setelah jampir 15 menit ade balik lagi ke BERES Yamaha sambil senyam-senyum puas.^^

Gak ada kendala sama sekali tarikan enteng karena gir yang dipakai 15-47, tarikan bawah enak, untuk top speed di trek lurus pun yahuuudddd... suara rante tidak berisik lagi tidak ketarik dan rem belakang pun tidak membagel.

Gir set R15 sudah terpasang dengan baik

Ketegangan Rantai Normal ^^

Sekian pengalaman ane tentang ganti gir set Si BysonBodas ini semoga bermanfaat bagi brother semua,,
keep safety riding broo^^


79 komentar:

  1. 47/15 berarti rasionya 3.13 yang lebih gede daripada rasio asli byson yang 2.85 dus tarikan lebih enteng. Dari segi estetika motor yang gear belakangnya gede tampak lebih macho. Nice artikel bro.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro kalo gear depan bysonkan 1 lobang sedangkan gear r15 2 lobang, itu ngaruh nggak yang 1 nggak dipake

      Hapus
    2. Bukanya ger depan itu ada 3 lubang ya ....

      Hapus
  2. Wiih ada suhu komentar di blog ane ^^,, trimakasih om sudah mau mampir kemari, saya bnyak baca artikel yang om buat dan isinya bermanfaat semuanya.. banyak yang pengen ane tanyain, kalo om ga keberatan inbox ke ane pin bb nya di n_dulu@yahoo.com terimakasih om ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gear set r15 pake rantai yang panjang berapa ya ?

      Hapus
    2. 140L bro... Itu juga masih motong.. Kalo gk mau motong cari rantai yg 136L bro🙂

      Hapus
    3. 140L bro... Itu juga masih motong.. Kalo gk mau motong cari rantai yg 136L bro🙂

      Hapus
    4. Brrti belinya ga sepaket sama rantainya ya gan?
      Soalny ane tanya di bengkel kalo pake gear set r15 uk 15/47. Rantainya cuma 132mata. Mohon pencerahannya.

      Hapus
  3. Mau tanya nih bro, saya sesama pengguna kebo nih. Itu setelah diganti gear set r15 ada efek2 jangka panjang gak kayak waktu diganti gear set scorpio gt? Trus pemasangannya pnp apa harus diakal gt? Makasih sebelumnya

    BalasHapus
  4. pas tanjakan gmn bro.....mantap gak bro pake gir set r15...soal.a kebo ane berisik bgt rantai nya pas tanjakan...trus agak ngeden gitu........

    BalasHapus
  5. @alif hampir setaun pake gear set r15 ga ada mslh broo ^^

    @adhie lbh ringan ditanjakan dibanding pake gear standarnya, klo ngeden ditanjakan coba pake cdi yg unlimiter broo bnyak koq yg merk2 aftermarket ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om gir set R15 pnp ke byson karbu kah???🙏

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Bagus mana sama 15/44 rantai megapro bro ?

    BalasHapus
  8. Bagus mana sama 15/44 rantai megapro bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu tergantung selera masbro, selama masih produk Ori pasti bagus koq ^^

      Hapus
    2. Om saya mau tanya gir seR15 pnp gk ke byson karbu

      Hapus
  9. bro,,sy mo nanya smpai skrg gmn performa bysonny stlh pk gear set r15,,aq jg byonic ni dr tangerang..btw jd pgin nyoba stelanny d mtr qu..

    BalasHapus
  10. bro,,ukuran rante r15 kn lbh pnjang dari byson otomatis d ptong,trus cara nyambungkn nya gmn..pake penyambung rante apa..tlg bro ksh tau..penting krn sy mo pake ky gitu..

    BalasHapus
  11. bro,,ukuran rante r15 kn lbh pnjang dari byson otomatis d ptong,trus cara nyambungkn nya gmn..pake penyambung rante apa..tlg bro ksh tau..penting krn sy mo pake ky gitu..

    BalasHapus
  12. bro,,ukuran rante r15 kn lbh pnjang dari byson otomatis d ptong,trus cara nyambungkn nya gmn..pake penyambung rante apa..tlg bro ksh tau..penting krn sy mo pake ky gitu..

    BalasHapus
  13. Nice onfo...oy mo tya Gan cri Gear satuan dmna ya?..maksd'y bukan 1 set...tank's...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @tap134 kalo beli satuan saya gatau beli dmn bro.. Ane beli udah satu set soalnya :)

      Hapus
  14. Sampe skrg ga ada maslh bro,, iya dia lbh panjang tapi kmrin di potong trus dipres lagi, (ga pake penyambung) alatnya kebetulan ada di yamaha bro ^^

    BalasHapus
  15. Yang ada alat pemotng rante r15 di beres yamaha mana gan, saya cari ko di yamaha beres ga ada, alhasil rante gak bisa dipotong yang r15 punya ane

    BalasHapus
  16. Gan pake ban depan n belakang ukuran berapa ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ban depan 100/80-17 belakang 130/70-17

      Hapus
    2. Klo ban depannya 110/70 rasanya gmana gan??

      Hapus
  17. gan rantenya di potong brape mate?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nt pake sproket gear bwaan at bkn???klw pke sproket gear bwaan g usah d ptong

      Hapus
    2. nt pake sproket gear bwaan at bkn???klw pke sproket gear bwaan g usah d ptong

      Hapus
  18. ane mo jajal pake 15/47, seperti agan yg pake gear set r15

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran az ni..g smua bgkel pny alat ptong bro.bbrpa bgkel ymaha psti ad at dtang k pihax gear sinnob lbh kmplilg

      Hapus
  19. gan itu nafas byson nya di trak lurus bagus gak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trek lurus nafas agak lebih sedikit pendek, tapi tarikan bawah enak

      Hapus
  20. mohon untuk di balas secepatnya

    BalasHapus
  21. Bro kalo pake ban 110 dan 140 kayak f, India pake gear set ukuran brapa ya bro enaknya? 14-42 kayak Vixion bagus ndak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pake gir vixion enak bro, tapi setau ane kalo rantenya masih pake yg bison malah terlalu kencang rantenya bro

      Hapus
  22. ne diluar gear bro,gw mo tanya motor gw turunan kok kyk senapan ya,plag plug ana,sdh seting karbu ampe klenger ga smbuh jga...minta solusi dobg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selang aisnya sudah di tutup mas?

      Hapus
    2. Di bikin manual aja kang.nanti pake tali gas rx. King, tutup vakum atas digolongkan seukuran kabel tali selongsong tali gas.pokoknya jadi mantel deh tarikan dan super irit. Coba liat tutorialnya, banyak kok. Ok nama brooo..sekedar saran.ane sdh coba motor ane sendiri.hasilnye sampe skrg mantap broo.ok slmt mencoba broo..thank.

      Hapus
  23. klo ane pake ban 160 belakang dan 120 depan di kebo ku, apakah rantai R15 masih tetap ringan kalau dipakai di kebo ane?? slm dari BYMAC Makassar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih bang, apalagi kalo pake cdi racing dan karbu tiger hehe

      Hapus
  24. klo ane pake ban 160 belakang dan 120 depan di kebo ku, apakah rantai R15 masih tetap ringan kalau dipakai di kebo ane?? slm dari BYMAC Makassar

    BalasHapus
  25. Tdi sebelum. Pake rasio 15/47 (3.13)
    Kan pakai rasio 14/44 (3.14)

    Padahal rasionya 0.01 kok hasil bisa beda jauh ya bro? Bisa Kasih penjelasan?

    BalasHapus
  26. https://motorblitz.com/2014/11/16/tambah-top-speed-motor-tanpa-oprek-mesin/comment-page-2/

    Ini link masalah rasio.

    BalasHapus
  27. Klo says dah 2 th lebih pake gerset 520-43/14 punya mt25 dgn ban 180/55 blk.120/90 dpn velg 5.5blk.3.5 dpn.naogir punya mt25 tsrikan uenteng bingits.tanjakan ke Dieng bids filibad dgn boncengan pske gigi 2
    Jl lurus ringan pokoke uenak tenan

    BalasHapus
  28. Bang rantai byson saya agak bunyi trus konsul ke mekanik bengkel ktanya gnti rantai aj... kira" brp hrganya ya?

    BalasHapus
  29. klo menggunakan gir depan 15 dan gir belakang 44 utk byson bgmn gan? bagus gak klo dipakai saat touring di jalanan yg kasar, banyak tanjakan dan di jalan yg rata?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya blm coba gan, lebih baik gear depan pake yg 14

      Hapus
  30. soalnya ban tubless saya khusus utk digunakan disegala medan dan ukurannya pun lumayan gede 120

    BalasHapus
  31. > Kalo pasang gir belakang new vixion ke byson masuk gak ya?
    > sudah ada yang pernah coba 15/43 belom ya para byson mania sekalian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pakai 15/43
      Normal aja, karena rasio hanya naik 0.01 jadi 2.87
      Kenaikan torsi 0.3%
      Tidak pengaruh dengan topspeed (masih bertengger di 113km/jm)

      Hapus
    2. klo pake ban D 100/80 B 130/70 velg std byson , COCOKNYA PAKE GEARSET ukuran brapa ya ? motor buat harian , lebih banyak dipakai sendirian . klo libur kerja aja dipake boncengan ama anak dan istri . THANKS

      Hapus
  32. Bos ane mw tanya tu peke rante punya r15 di potong brapa biji bos rantenya biar pas.....

    BalasHapus
  33. klo pake ban D 100/80 B 130/70 velg std byson , COCOKNYA PAKE GEARSET ukuran brapa ya ? motor buat harian , lebih banyak dipakai sendirian . klo libur kerja aja dipake boncengan ama anak dan istri . THANKS YG UDAH JAWAB

    BalasHapus
  34. ukuran ban ane belakng 160 depan 120 2 minggu kemarin ganti gir 15-47 kok tarikannya lemot bangat dan jln lurus kilometer hanya sampai 75 gan... kira2 masalah motor ane dimana ya gan .....tolong pencerahannya para suhu2....

    BalasHapus
  35. Bang mau nanya nih bagus make gear ukuran 14/44 atau 15/44 enak mana sama plus minusnya apa ya bang , soalnya saya ganti 14/44 emang mental" cuman napasnya kok malah jadi pendek yah , makasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. 15/44 katanya sih enak,,, saya juga lg pengin coba cuman blm dpt barangnya...

      Hapus
  36. Kalo saya ban belakang pake ukuran 160/60 dan ban depan ori. Pake gearset SSS 42/14, tarikan enteng banget. Pertama keluar dari bengkel langsung saya coba geber. Dan hasilnya gigi 1 bisa sampe 30km/jam, gigi 2 bisa sampe 40-50km/jam. Pokoknya mantep deh

    BalasHapus
  37. Kalo saya ban belakang pake ukuran 160/60 dan ban depan ori. Pake gearset SSS 42/14, tarikan enteng banget. Pertama keluar dari bengkel langsung saya coba geber. Dan hasilnya gigi 1 bisa sampe 30km/jam, gigi 2 bisa sampe 40-50km/jam. Pokoknya mantep deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih pas kakau pake 14/45

      Hapus
    2. Gan senjak beli byson smpai skrang baru mnta ganti gear,bagi info bagus donk gan gmna baiknya.ganti yg ori/yg apa biar pas sma ukuran ban blkng 130

      Hapus
    3. Kalo 14/42 . Ukuran rantai yg berapa lubang ya gan ??

      Hapus
  38. kalo pake ukuran 15-44, rantenya pake yg brp lubang ya?

    BalasHapus
  39. Bos saya mau pake gir yg ukuran 14/60 kira2 pakai merk apa? Ada punya suzuki Ts 125 kira2 pnp gak gir belakangnya?

    BalasHapus
  40. Apakah gir set R15 pnp buat byson karbu

    BalasHapus